Mematangkan Bibit Pemimpin Melalui LDK dan LLK

Di penghujung tahun 2018 sekaligus penghujung semester 1 tahun pelajaran 2018-2019, Pondok Pesantren Modern Al Umanaa mengadakan pelatihan kepemimpinan untuk seluruh santri Pondok Pesantren Modern Al Umanaa. Pelatihan yang rutin diadakan setahun sekali ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan santri dalam organisasi dan kepemimpinan, juga sebagai momentum pergantian kepengurusan Ikatan Santri Mahad Al Umanaa (ISMU).

Pada tahun ini, latihan kepemimpinan dibagi menjadi 2 jenjang, yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) untuk santri yang masuk pada tahun 2017 dan 2018, kemudian untuk santri lainnya mengikuti Latihan Lanjutan Kepemimpinan (LLK). LDK bertujuan untuk mengenalkan santri pada keorganisasian. Materi yang disampaikan seputar pengenalan lebih dalam mengenai visi misi Al Umanaa, pentingnya berorganisasi, kerja sama, dan lain sebagainya. Sedangkan LLK memberikan wawasan lebih mendalam mengenai pengelolaan organisasi, seperti manajemen proyek, problem solving, decision making, dan sebagainya.

Materi problem solving dan decision making dengan metode simulasi

LDK dan LLK berlangsung secara padat dalam 3 hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 8-10 Desember 2018. LDK dan LLK dibuka dalam upacara yang dihadiri oleh seluruh santri dan pengajar, dengan tausiyah dari Direktur Pondok Pesantren Modern Al Umanaa mengenai perubahan generasi. Kegiatan ini melibatkan seluruh santri dan para pengajar sebagai pengisi materi. Padat dan lelahnya kegiatan tidak menyurutkan peserta maupun pemateri. Seluruh santri tampak antusias mengikuti pelatihan yang dilakukan secara dinamis, di dalam dan luar ruangan ini. Bahkan beberapa lulusan yang sudah duduk di bangku kuliah pun ikut berpartisipasi mengisi materi.

Materi kerja sama melalui kegiatan lapangan

“Bergerak bersama menuju generasi emas”

Itulah tema besar LDK dan LLK tahun 2018 ini. Semoga bekal yang diberikan akan bermanfaat terus bagi seluruh santri. Santri Pondok Pesantren Modern Al Umanaa sedang disiapkan untuk menjadi pemimpin umat dunia, menciptakan generasi emas di masa depan.

Scroll to top