SMP Al Umanaa Boarding School

SMP Al Umanaa Boarding School,  berdiri pada tanggal 10 Juli tahun 2014, di bawah naungan Yayasan Al Umanaa. Pada tanggal  11 Agustus 2014 Pondok Pesantren Al Umanaa dan SMP Al Umanaa Boarding School diresmikan berdirinya oleh Bapak Bupati Sukabumi,  Drs. H. Sukmajaya M.M. Izin pendirian SMP Al Umanaa Boarding School nomor: 420/2696-BID PRP/2014. Kemudian pada tanggal 12 Januari 2015 SMP Al Umanaa Boarding School memperoleh izin operasional sekolah dengan nomor: 421.2/KEP-084/DISDIK/2015.

 

VISI

SMP Al Umanaa “Menjadi lembaga pendidikan berasrama (boarding school) yang mandiri dan mampu melahirkan kader pemimpin dan intelektual muslim Qurani yang unggul dalam akhlaq dan IPTEK, terampil, serta memiliki kesehatan jasmani yang prima.

 

INDIKATOR VISI

  • Unggul dalam akhlaq (karakter)
  • Unggul dalam perolehan
  • UN  Unggul daya serap hasil belajar
  • Unggul dalam berbahasa Inggris, Arab, dan Jepang
  • Unggul dalam Olimpiade MIPA
  • Unggul dalam lomba olahraga , Pramuka ,dan seni
  • Unggul dalam pengamalan ibadah sehari-hari.

 

Secara bertahap SMP Al Umanaa Boarding School, senantiasa menselaraskan kebutuhan sarana prasarana menuju tercapainya Standar  Pelayanan Minimal (SPM) Sekolah. Bermodalkan lahan seluas 5,5 ha milik sendiri, dan kini 3,5 hektar telah di pagar untuk memelihara keamanan lingkungan Sekolah. Sampai saat ini telah berdiri dua bangunan sekolah yang terdiri dari  6 lokal kelas, 1 ruang laboratorium IPA, 1 ruang UKS, 1 ruang Bimbingan Konseling, 1 ruang Perpustakaan, 1 ruang OSIS,  1 gedung sekretariat yang di dalamnya terdapat ruang guru, ruang Kasek, dan ruang Tata Usaha, serta gudang non permanen. Untuk kelengkapan Boarding School, telah berdiri pula bangunan asrama, 4 couple Asrama putra, dan 3 couple asrama putri, terdiri dari 14 kamar, masing-masing kamar cukup untuk maksimal 12 orang, 40 kamar mandi siswa, 2 kamar mandi guru, 1 kamar mandi karyawan,7 kamar mandi tamu, 5 kamar tamu, dan 1 toko santri.

Sejak tahun 2014 prestasi  demi prestasi telah dapat diukir oleh para siswa SMP. Pada tahun pertama (2014) capaian tertinggi prestasi siswa yang baru (siswa kelas VII pada saat itu) adalah juara 1 olimpiade tingkat komisariat, tahun berikutnya yaitu pada tahun pelajaran 2015/2016, siswa-siswa SMP Al Umanaa Boarding School meraih  juara 1 dan 2 Olimpiade PAI tingkat Kabupaten, Juara 2 Kabupaten Maca Sajak Sunda, juara 2 LCC PAI tingkat Kabupaten, dan Juara 3 LCC English. Kemudian pada tahun ini (tahun pelajaran 2016/2017) prestasi terbaik yang diraih siswa SMP Al Umanaa adalah : Juara III LCC PAI tingkat propinsi Jawa Barat, Juara 1 OSN IPA tingkat Kabupaten Sukabumi, Juara 1 LCC Umum tingkat Kabupaten, dan juara 1 Story telling tingkat Kabupaten Sukabumi. Alhamdulillah, target pencapaian nilai rata-rata UN SMP Al Umanaa Boarding School dapat dicapai. Tahun pelajaran 2016/2017 ini SMP Al manaa Boarding School meluluskan siswa-siswi  dengan capaian nilai rata-rata UN SMP Al Umanaa  adalah 70,3, dengan nilai tertinggi 33. Selamat kami ucapkan kepada seluruh siswa kelas IX SMP Al Umanaa Boarding School angkatan pertama tahun pelajaran 2014/2015, yang telah sungguh-sungguh berupaya, belajar, dan berprestasi Semoga semuanya dapat meraih sukses pula pada masa yang akan datang.