Gema Ramadhan di Al Umanaa

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1440 H tidak menyurutkan semangat santri Pondok Pesantren Modern Al Umanaa dalam memanfaatkan waktunya agar selalu produktif. Di tengah sibuknya menjalani pekan Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang jatuh di bulan Ramadhan, santri tetap giat menjalankan rangkaian ibadah. Hal ini menjadi pengalaman pertama bagi santri tahun pelajaran 2018/2019 yang biasanya menjalankan ibadah puasa bersama keluarga di rumahnya masing-masing.

“Rasanya senang sekali karena banyak kegiatan bermanfaat untuk mengisi waktu luang. Jadi puasanya tidak terasa,” ungkap salah seorang santri ketika ditanya kesannya menjalani Bulan Ramadhan di pondok.

Pengurus Ikatan Santri Ma’had Al Umanaa (ISMU), baik putra dan putri pun menyelenggarakan rangkaian acara untuk meningkatkan produktivitas santri di. Selain itu, kegiatan ini bertujuan pula untuk melatih, mengembangkan talenta, dan keterampilan santri.

Perlombaan yang diadakan di ¬†antaranya terdiri atas lomba kebersihan, pengetahuan, kreativitas, bahasa, dan kesenian. Tema acara yang dibuat oleh ISMU putri adalah “Ramadhan Berprestasi”, sedangkan ISMU putra bertemakan “Ramadhan Menang Lahir Batin”.

Bukan hanya santri, para pengajar pun ikut menyemarakkan Ramadhan dengan serangkaian kegiatan. Bulan Ramadhan diawali dengan pemberian tausiyah oleh Direktur Pondok Pesantren Modern Al Umanaa, Ust. Mindjali A.S. tentang makna Bulan Ramadhan. Selain itu diadakan pula kuliah tujuh menit (kultum) harian yang diselenggarakan ketika menjelang waktu berbuka puasa dengan pengisi materi ialah para guru secara bergilir.

Pondok Pesantren Modern Al Umanaa juga memberikan santunan yang ditujukan untuk seluruh karyawan pondok dan warga sekitar pondok yang membutuhkan. Santri pun dilibatkan dalam proses pemberian santunan kepada masyarakat. Selain itu, Pondok Pesantren Modern Al Umanaa juga memberikan santunan untuk korban bencana alam di Nyalindung Sukabumi.

Kegiatan pemberian santunan kepada warga sekitar Pondok Pesantren Modern Al Umanaa