Ada Apa dengan Menu Baru Web Al Umanaa?

قَيِّدُوا الْعِلْمَ بِالْكِتَابِ
Ikatlah ilmu dengan menulisnya, sabda Rasulullah SAW.

Kegiatan literasi sudah menjadi program khas Ponpes Modern Al Umanaa sejak awal beroperasional di bidang pendidikan. Bagaimana seseorang bisa berpendidikan unggul, sangat ditentukan oleh tingkat literasinya. Sejatinya, literasi ada pada segala bidang: agama, SAINS, teknologi, matematika, hukum, dan sebagainya. Literasi pada tingkat dasar ada pada literasi bahasa. Jelas, bagaimana seseorang bisa memahami ilmu lalu menguraikannya kembali sangat-sangat membutuhkan kemampuan literasi.

Perjalanan program literasi sejak Al Umanaa didirikan memang tidak seelok foto yang diambil di Jembatan Gantung Cigunung. Kendala-kendala biasanya muncul karena latar belakang santri yang beragam, baik kemampuan maupun asal daerah. Mencoba mencari titik temu supaya program literasi dapat berkembang sesuai kebutuhan masing-masing santri dan juga tuntutan hidup adalah tantangan tersendiri. Berangkat dari hal tersebut, Tim Literasi Al Umanaa kembali berbenah diri.

Bersyukur, pada akhir tahun lalu SMP Al Umanaa mengikuti Diseminasi Literasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi bidang SMP. Pidato kenegaraan yang disampaikan Bapak Menteri Nadiem Makarim mengenai literasi dan numerasi juga ikut menumbuhkan kembali semangat untuk terus mengembangkan program literasi di Al Umanaa. Alhamdulillah, semester kedua T.P. 2019/2020, Tim Literasi Al Umanaa telah merumuskan program baru dan berjalan dengan lancar berkat sinergi civitas Ponpes Modern Al Umanaa.

Salah satunya adalah kegiatan King & Queen of Literacy. Ada tiga kriteria yang menjadi dasar penilaian King & Queen of Literacy ini, salah satunya menulis resume buku yang sudah tuntas dibaca. Sesuai dengan tujuan awalnya, yakni para siswa terlebih dahulu dapat menyukai membaca dan menulis sebelum memahirkan diri atas keduanya. Oleh karenanya, ketentuan resume pun dibuat sederhana. Resume yang dibuat para siswa SMP hanya perlu memuat unsur 5W+1H dari buku yang mereka baca baik itu fiksi maupun nonfiksi. Bagi siswa SMA, resume yang ditulis disertai kelebihan dan kekurangan buku.

Sebagai rekam jejak perkembangan literasi Indonesia, khususnya di Al Umanaa, resume para santri tersebut kami sajikan pada menu baru web Al Umanaa, yakni: Karya Santri. Selamat bertamu ke menu baru kami!