Edukasi Kesehatan Mata bersama Dr. Widya Susi Kirana, Sp.M.

Oleh: Raina Ulya Sukmawangsa, kelas IX SMP Al Umanaa Boarding School

Pada hari Ahad, bertepatan pada tanggal 11 Februari 2018, hujan besar membungkus Sukabumi. Hawa dingin menyeruak masuk ke dalam ruangan yang diisi oleh para santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Modern Al Umanaa. Hawa itu tidak menyurutkan suara ricuh kami, para santri yang antusias berebut mengajukan pertanyaan kepada pembicara.
Ya, beribu pertanyaan kami lontarkan kepadaa Bu Widya Susi Kirana, dokter spesialis mata yang tengah sibuk merints karirnya di dua rumah sakit ternama di Sukabumi. Beliau dengan baik hati memberikan kami penyuluhan tentang bidang yang telah dikuasainya, yaitu pengetahuan seputar mata. Materi yang disampaikan tidak main-main. Dalam waktu kurang dari setengah hari beliau menyampaikan beberapa mater secara jelas, singkat, namun mudah dipahami bagi kami, para santri yang rata-rata sedang menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Pertama dan Atas
Materi yang disampaikan tak hanya tentang mata pada umumnya yang telah kami ketahui, namun materi dimulai dari perkenalan bagian mata hingga syaraf-syarafnya, serta tentang apa saja penyakit pada mata. Jenis penyakitnya bukan hanya sekedar rabun jauh dan dekat. Melihat banyaknya penyakit mata yang dijelaskan, saya jadi berpikir, siapa ya yang mengidap penyakit-penyakit itu? Kalau di Pondok Pesantren Modern Al Umanaa insyaAllah tidak ada, dikarenakan pola hidup sehat yang dididikkan di ponpes kami.
Acara pun ditutup dengan penyerahan plakat dan cinderamata dari pihak Pondok Pesantren Modern Al Umanaa. Setelah itu Dr. Widya memberikan kami kesempatan untuk pemeriksaan buta warna. Alhamdulillah, Dr. Widya telah menambah ilmu kami semua. Terima kasih atas ilmunya, Dokter!

Scroll to top